Memperbaiki Tv TCL nyala sebentar lalu mati lagi dihidupkan tidak mau starat lampu stanbay menyala

 


Kali ini saya ingin berbagi pengalam memperbaiki TV TCL 21 inch dengan kendala nyala sebentar sekitar sepuluh menitan lalu mati kembali dan lamu stanby menyala dan kalu mau menyala lagi harus tunggu beberapa jam baru bisa menyala.

Dan menyala juga tetap tidak sama tak perlu panjang lebar saya buka kacing tv dan seperti biasa lakukan clening terlebih dahulu dengan koas halus sambil berfikir kemungkinan keruskan dibagian mana.

Setelah dibersihkan saya coba nyalakan kembali dan benar saja tv nyala sebentar lalu mati kembali dan saya perhatikan sebelum mati dia menampakan garis horizontal sebentar saya matikan kembali, karena kerusakan sudah bisa diprediksi saya ambil avo meter untuk mengukur semua tegangan .

Pertama saya ukur tegangan di bagian power supplay dan hasilnya normal saja langsung menuju bagian horizontal pengukuran berlanjut dan benar saja di bagian ini masalahnya tegangan dari power supplay normal tetapi setelah masuk ke IC horizontal jadi berkurang drastis.


Tentu dari hasil ini saya mencurigai komponen elco yang sudah aus atau kering untuk melihat elco kering memang tak harus terlihat dari pisiknya saja yang sudah menggelembung saya coba cabut elko 47 uf/ 160 volt  dan lakukan pengukuran kembali dan hasilnya memang elco tersebut kering.

Setelah di ketahui elco kering saya ambil kembali elco yang lain di bagian horizontal yang berukuran 220uf/35 volt, 35uf/100volt, 470uf/35volt, 4,7uf/50volt. saya cabut semua dan laukan penggantian setelah di ganti dan saya coba nyalakan dan ternyata TV nyala normal saya diamkan beberapa jam untuk pengetesan agar tidak ada kendala kembali saat diambil yang punya dan sampai sekarang tidak ada keluhan.

Semoga tulisan ini bermanfaat
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url