Memperbaiki tv LCD TCL nyala normal sebentar lalu restat kembali biaya Rp. 15000 saja

 



pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam menyervice tv LCD dengan merek TCL type L30D15 memiliki gejala ketika di nyalakan normal seperti biasa menyala bahkan saya nyalakan sampai malam setelah pagi dinyalakan TV hanya nyala sampai di logo lalu restat kembali dan begitu seterusnya.

Tidak panjang lebar langsung saya buka cover TV dan melihat jika ada komponen yang sudah rusak fisiknya. setelah di selidiki TV tersebut bekas service orang lain dengan mengganti elco di bagian power supplay nya.


Ada bagian dimana fcb agak hitam yang di dalamnya ada mosfet 4 buah dengan beda kode setelah di teliti ternyata capasitor hilang satu, mungkin ini yang menyebabkan TV hanya nyala sebentar karena bingung mencarinya ukurannya berapa saya samakan dengan capasitor di sebelahnya setelah di pasang saya cek semua tegangan aman dan terkendali heheh.

Merasa sangat yakin TV akan bekerja dengan benar saya pasang kembali semuanya seperti semula dan saya nyalakan kembali memang TV bisa menyala dengan sempurna saya pikir masalah ini sudah selesai dan bisa menghubungi pemilik TV.

Tetapi apa yang terjadi setelah beberapa lama kemudian saya matikan dari remot dan diamkan selama kurang lebih 4 jaman dan apa yang terjadi ternyata TV masih kambuh hanya sampai di logo saja lalu mati kembali.

Ternyata permasalahan belum selesai lalu saya buka lagi dan cek tegangan semua pada rangkaian power supplay ternyata tetap aman sempat pusing lalu saya susur ke rangkaian berikutnya yaitu main boardnya.


Setetalh di lihat memang tidak terlihat ada yang rusak, berfikir kembali gejala tv yang bisa nyala dan setelah agak lama jadi restat dan mentok di logo tidak mungkin kalau kerusakan pada IC, FET atau Transistor karena TV memang bisa berjalan dengan baik.

Yang paling mungkin dari kerusakan ini adalah elco, tetapi keadaan elco jika di lihat mata tidak ada yang kembung atau rusak karena rasa penasaran saya goyang beberapa elco yang besar dan ternyata kakinya sudah lepas.

Dari sini sudah tidak panjang lebar lagi saya cabut semua nya mulai dari yang 100 uf/16, 220,uf/35, 470/16 semua saya tidak sisakan dan dana di tempat saya semua elco habis kurang lebih Rp.15000 saja. setelah di cabut dan besoknya langsung belanja lalu pasang kembali berharap masalahnya selesai sampai disini.

Setelah semua terpasang saya coba nyalakan dan benar saja menyala saya tes sampai 5 jam dan diamkan besoknya dinyalakan lagi Alhamdulillah nyala normal saya rasa masalahnya selesai dan saya coba kontek yang punya. agar segera di ambil setelah di ambil sampai sekarang pengguna tidak ada komplain. berarti TV memang dari elco yang aus masalahnya, semoga pengalaman saya bisa bermanfaat bagi kamu.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url