Memperbaiki TV samsung model LA46D550 layar putih ada garis diatas sedikit

 

Untuk kali ini saya akan berbagi pengalaman sedikit tentang perbaikan TV plasma samsung type LA46D550 yang saya kerjakan, menurut pengguna layar menjadi putih dan ada garis diatas serat ada gambar semut sedikit. semut yang ditampilkan hanya sedikit di bagian atas saja layar seperti penutup.

Setelah mendengar keluhan tv lansgung saya eksekusi tak pikir lama langsung saya buka semua baut nya dan memeriksa semua tegangan baik out pada lampu dan pada main board, dirasa tegangan semua aman kecurigaan sekarang tinggal satu yaitu pada ticon untuk memeriksa ticon saya tidak memakai avo meter langsung pakai tangan.

Sambil di nyalakan untuk melihat perubahan pegang beberapa rangkaian ticon, penampakannya seperti di gambar.



Jangan takut ke setrum karena tegangan yang masuk pada ticon adalah DC, jadi jangan khawatir kesetum. satu demi satu di pegang ada salah satu komponen yang di pegang ada perubahan besar pada layar menjadi ada raster tapi cuma sebentar di lepas dan di pegang lagi layar menjadi kotak kotak.

Dengan sedikit pengalaman dan mencoba coba saya coba ganti komponen yang sayang lingkari di bawah ini.

terlihat dari apa yang saya lingkari ada beberapa jalur yang memang sudah gosong entah itu karena panas atau short, yang pasti di bagian tersebut sudah tidak tersambung makanya pas saya pegang ada perubahan pada layar, jika kamu rentan untuk mengganti ic semacam ini untuk jaga jaga kamu bisa membeli satu set ticon nya saja.

Biasanya pasaran harga ticon sekitar 350.000 dan jika kamu hendak mengganti ic yang saya lingkarinya saja harganya sekitar 72 ribuan. keputusan untuk mengganti ada di kamu, saya hanya berbagi pengalaman untuk para master jangan di bully dan untuk para pemula semoga tulisan kecil ini bisa bermanfaat.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url