Memperbaiki Tv polytron PLD32T100 Kerusakan nyala hanya sebentar

 


Kali ini saya kedatangan TV Polytron PLD32T100 punya temen dan keluhan yang di sampiakan ialah sura berisik ada tav layar tidak tampil, mendengar penjelasannya pemikiran langsung lari ke scematiknya atau powersupplay nya yang gak bekerja dengan benar.

setelah itu tidak panjang lebar tv langsung saya eksekusi dan buaka baut semuanya, tv merek polytron dan samsung agak berbeda kalau tv polytron banyak sekali baut yang harus di lepaskan dengan sabar saya lepaskan satu persatu.

setelah terbuka seperti biasa tv dalam keadaan berdebu dan kotor sebelum memperbaiki langsung saya bersihkan dengan koas cat yang lembut agar lebih enak dalam mendeteksi kerusakan tv, untuk awal pemeriksaan saya cek tegangan out yang ke lampu backlight dan ke main bord.

setelah di cek semua tegangan dalam keadaan normal, untuk jaga jaga periksa semua elco takut ada yang aus terutama elco ke bagian lampu back light, setelah di cek ada 2 elco yang kapasits 1000uf/16 volt aus walau tegangan normal elco ini yang suka menjadi penyebab tv mati total.

setelah elco terpasang tidak panjang lebar saya coba nyalakan dan benar saja tv belum bisa nyala seperti  biasa tetapi ada perbedaan ada nayal dulu sebentar sekitar 3 detik kan lalu mati lagi dari sini kerusakan langsung mengarah ke lampu back light.

terpaksa harus buka cover depan sampai posisi lampu backlight, setelah terbauka saya cek semua lampu dan benar saja ada beberapa lampu yang tidak menyala putus dari sini tidak panjang lebar langsung saya ongkar dan mencari lampu yang sama.

Setalah dua hari pesen lampu bakclight di toko online saya pasang dan hasilnya ternyata memang benar sumber masalahnya di lampu backlight. langsung deh whasapp yang punya kalau tv nya sudah selesai dan bisa di pakai seperti biasanya .

Gejala tv ialah dinyalakan tidak hidup ada suara keretek di belakang dan selang 3 detik nyala lalu langsung mati, jika teman teman memiliki masalah yang serupa semoga pengalaman ini bisa sedikit membantu

Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url