mengatasi printer epson L3110 Kertas menarik setengah lalu berhenti dan tombol kertas berkedip

 


Mengatasi masalah printer epson type L3110 kertas menarik setengah lalu berhenti terbilang tidak mengeluarkan uang walau tidak semua tapi pengalamn yang saya alami sangat menarik untuk di tulis dan semoga bisa menjadi insfirasi bagi kamu.

Pertama mendapat kasus seperti ini mau mulai dari mana perkiraan pertama mungkin ada jatuh pada karet penarik kertas seperti dibawah ini.


dan memang bisanya printer epson masalahnya suak terjadi pada karet penarik yang pernya sudah patah hal ini sering terjadi karena keteledoran pemakai karena kertas tersangkut akhirnya di tarik dan menyebabkan per pendorong menjadi patah dan tidak bisa menari kertas. tetapi pada masalah yang ini bukan pada karet karena setelah cek karet bagus.

untuk yang belum tahu cara cek karet printer entah itu mereknya apa saja dengan cara memutarkan karet kedepan setelah itu putarkan kebelakang jika karet susah utnuk di putar berarti per tidak patah danb karet sudah di pastikan masih bagus, dan sebalikny ajika karet saat di putar kebelakang berputar walau hanya sedikit berarti karet sudah rusak.

lanjut kepermasalahan yang saya alami setelah karet masih bagus lalu saya berfikir mungkin saja ada yang menyangkuit di bagian rol sehingga saat negprint mengalami masalah tak pikir lama lansung saya cek sampi saya bongkar semua agar apa yang nyangkut bisa ketahuan.

ternyata setelah di cek tidak ada yang nyangkut sedikit pun, dari sini mulai pusing atau di bord ada masalah sehingga ada yang tidak beres sehingga saat ngeprint tidak lancar dan tertinggal setengah. saya mulai cek bord takutnya ada tegangan yang  kurang sehingga berpengaruh pada putaran dinamo.

mulai saya cek dan tegangan setabil di 24 volt dan kadang di 23,5 mulai bingung lagi, pekerjaan ini akhirnya saya diamkan satu hari sambil berpikir apa yang rusak, hari berikut nya ada sedikit penasaran dengan kasus ini saya coba resset pake software reseter untuk epson l3110 semua langkah di lakukan sampai printer bisa ngepint normal tapi sayangnya hanya satu lembar saja kesananya sama ditengah kertas berhenti.

sambil penasaran saya bertanya kepada yang punya awal kejadian bisa begini dan setelah saya tanya sang pemilik juga tidak tahu menahu tapi dia ingat ada kecoa masuk kedalam printer lalu dia bersihkan sisa kotoran kecoa tersebut. 

dari sini ada sedikit pencerahan mungkin saja yang rusak bukan berarti tusak tetapi karena kotoran atau lembab yang disebabkan oleh kecoa tersebut, dan kemungkinan terbesar adalah sensor kertas yang mungkin saja kotor.

kalau yang belum tahu bentuknya seperti gambar diatas . langsung saya buka dan bersihkan sebersih bersihnya rasa penasaran ingin segera mencobanya lalu saya rapihkan kembali sampai di nyalakan dan mencoba untuk ngeprint setelah di coba ternyata satu lebar aman sampi 10 lembar aman.

dari sini sudah di pasitkan kaerusakan ternyata hanya karena kotor yang diakibatkan oleh hewan bau kecoa yang menajdi sumber masalahnya setelah pusing dibuat oleh printer L3110. 
Semoga pengalaman ini bisa meberi manfaat kepad ayang membacanya.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca, jika artikel ini bermanfaat buat kamu silahkan share agar lebih banyak orang mengetahuinya, untuk mensupport kami dalam membuat konten lainnya klik tombol " Ikuti " agar kami bisa terus menulis di sini dan kamu akan mendapatkan artikel terbaru setiap harinya secara " Gratis ".
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url